SELAMAT DATANG DI WEB SITE DINAS PERTAMBANGAN DAN ENERGI
 

 

SELAMAT NATAL DAN TAHUN BARU 2005

Potensi Energi

[ Home ] [ Up ]  [Fisiografi] [Stratigrafi] [Sejarah Geologi] [Setting tektonik]

 

Up
PERATURAN
GALERI PETA

 

 

Potensi Sumber Daya Energi

 Potensi sumberdaya energi di Papua yang potensial tersedia memang cukup besar, namun berapa besar potensi riil sebenarnya belum dapat dipastikan. Baru sebagian kecil energi yang dimanfaatkan, dimana energi yang telah diketahui dapat dilihat pada tabel 1, sedangkan peta lokasi pembangkit listrik di Propinsi Papua dapat dilihat pada gambar 5.

 Tabel  Potensi Sumberdaya Energi di Papua

 

No.

INDIKATOR

BESARNYA

KETERANGAN

 

 

1.

2.

 

 

3.

4.

5.

6.

7.

8.

 

 

9.

10.

11.

 

Jumlah Daya Listrik Terpasang

PLN

NON PLN

 

Potensi Energi Primer

Tenaga Air

Panas Bumi

Gas Bumi

Minyak Bumi

Batubara

Gambut

 

Potensi Tenaga Perdesaan

Mikrohidro

Bio Massa

Bio Gas

 

 

 

73.228

200.851

 

 

24.414 MW

15 MW

blm diketahui

blm diketahui

100.000

100.000

 

 

10

1

10.000

 

 

MW

MW

 

 

Data PLN

Survei

DSCF

MBOE

Ribu Ton

Ribu Ton

 

 

MW

MW

Ribu ekor

 Minyak dan gas

 Cadangan minyak dan gas bumi di Indonesia berhubungan erat dengan cekungan sedimen berumur Tersier. Di sekitar Propinsi Papua telah diidentifikasi sejumlah cekungan yang penyebarannya berada di sebelah utara maupun selatan Papua . Dua (2) buah cekungan di sebelah utara Jayapura belum pernah dilakukan pemboran, tiga (3) cekungan telah dilakukan pemboran tetapi belum menghasilkan penemuan, satu (1) buah cekungan sudah menghasilkan penemuan tetapi belum sampai pada tahap produksi, dan dua (2) buah cekungan telah berproduksi .

 Potensi Migas  di Papua cukup menjanjikan, sebagian  cadangan yang terdapat di daerah Kepala Burung dan Bintuni telah berproduksi, sedangkan daerah lainnya masih dalam tahap eksplorasi. Ekploitasi minyak dan gas bumi dilakukan melalui beberapa lapangan minyak dan gas bumi di sekitar Sorong seperti lapangan Klamono, Linda, Salawati dan sekitar Bintuni. Produksi dari lapangan minyak tersebut umumnya masih relatif kecil.

 Ekplorasi untuk menemukan cadangan baru terus dilakukan dengan mempergunakan berbagai cara seperti pemetaan, geofisika (seismik) maupun pemboran. Akhir-akhir ini telah ditemukan pula cadangan gas yang cukup besar di sekitar Bintuni (Wiriagar). Cadangan gas ini disamping sebagai sumber energi juga dapat dipergunakan sebagai bahan baku untuk industri petrokimia.  

 Sumber daya energi berupa Minyak Bumi, Gas Bumi, Panasbumi, Batubara, Tenaga Air, Tenaga Matahari (solar) di Papua umumnya belum dapat dimanfaatkan secara optimal. Minyak  bumi dan gas bumi (Migas) pada saat ini masih menjadi andalan utama  sebagai sumberdaya energi baik untuk kebutuhan dalam negeri maupun sebagai komoditas eksport.

   

Energi selain minyak dan gas

 Cadangan minyak dan gas bumi terbatas, karena itu perlu dimanfaatkan sumberdaya energi lainnya seperti tenaga air, tenaga matahari yang potensinya cukup besar di Papua. Untuk mengatasi hal ini program Konservasi, Diversifikasi dan Intensifikasi energi perlu ditingkatkan keberhasilannya.

 Sungai-sungai di Papua baik yang besar maupun kecil dapat dimanfaatkan untuk tenaga listrik. Berdasarkan hasil survei yang dilaksanakan oleh tenaga ahli dari Jepang (lihat Tabel 2 dan Gambar 7) Sungai Mamberamo diperkirakan dapat menghasilkan tenaga listrik sebesar kurang lebih 10.000 MW.  Dari sekian banyak sungai hanya sebagian kecil saja yang sudah dimanfaatkan untuk pembangkit tenaga listrik, itupun untuk pembangkit listrik skala kecil seperti PLTM. Hal ini disebabkan selain diperlukan modal besar dan teknologi tinggi juga jumlah penduduk sedikit dan tersebar serta  kondisi geografis yang cukup sulit.

 Dari penelitian awal oleh  Kanwil Departemen Pertambangan dan Energi propinsi Papua, danau Paniai dapat menghasilkan 300 MW. Selain tenaga air,  tenaga surya telah banyak dimanfaatkan untuk tenaga listrik terutama untuk penerangan bagi penduduk di daerah terpencil jauh dari jangkauan listrik PLN. Sumber energi baru lain yang ke depan perlu dikaji untuk pengembangannya ialah Tenaga Bayu (Angin) karena teknologinyapun telah tersedia demi penerapan dan pemanfaatannya.

   Tabel   Potensi Sungai di Papua Sebagai Pembangkit Tenaga Listrik

No.

Nama Sungai

Daya

(MW)

No.

Nama Sungai

Daya

(MW)

 

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

11.

 

Digul

Eilanden

Lorentz

Helwia

Cemara

Otokwa

Otomona

Mimika

Tuuga

Oomba

Lengguru

 

 

1.522

2.291

232

273

237

297

106

154

1.625

235

166

 

12.

13.

14.

15.

16.

17.

18.

19.

20.

21.

22.

 

Tembuni

Sebyar

Aiman

Kamundan

Kladuk

Koor

Kasi

Prafi

Siriwo

Waranai

Mamberamo

 

143

458

309

461

280

246

593

286

310

1.583

9.932

 
Send mail to pertambangan@papua.go.id with questions or comments about this web site.
Copyright 2004 DINAS PERTAMBANGAN DAN ENERGI PROVINSI PAPUA
Last modified: December 22, 2004